perawatan bibir kering
credit: my-best.com

Hello, selamat datang! Bibir kering adalah masalah yang bisa menimpa siapa saja mulai dari bayi hingga lansia (manusia lanjut usia). Kondisi ini akan membuat orang merasa tidak nyaman dan risih. Oleh sebab itu keluhan tersebut harus segera diatasi sebelum menjadi lebih buruk.

Penyebab Bibir Mengelupas, Kering, Kaku dan Perih

Seperti halnya kulit tubuh manusia, bibir juga bisa mengalami kekeringan. Penyebabnya pun bisa sangat bermacam-macam tergantung pada individu yang bersangkutan. Di bawah ini adalah daftar 7 penyebab bibir kering dan pecah-pecah terpopuler yang bisa Anda hindari;
1. Kurang Asupan Air Putih
Lebih dari setengah tubuh manusia terdiri atas cairan. Jumlah tersebut secara tidak langsung mengindikasikan bahwa manusia sangat membutuhkan air agar bisa hidup sehat. Selain berpengaruh pada kesehatan, kekurangan cairan juga akan merusak kecantikan bibir Anda. Salah satunya menjadikannya kering.

2. Berada di Ruangan Ber-AC
Bekerja di ruangan yang dilengkapi pendingin udara atau AC bisa jadi akan membuat Anda merasa nyaman. Namun tahukah Anda jika suhu udara yang terlalu dingin bisa memicu terjadinya kekeringan pada kulit dan bibir? 

3. Salah Memilih Pemulas Bibir
Pemulas bibir atau lipstik sudah menjadi satu benda yang wajib ada di dalam rutinitas seorang wanita dewasa, terlebih bagi mereka yang memang dituntut untuk berpenampilan menarik dalam pekerjaannya.

Nah, di sini terkadang wanita lengah dan kurang jeli dalam memilih lipstik. Padahal formula lipstik yang miskin pelembab bisa menjadi pemicu terjadinya bibir kering. Belum lagi jika ditambah kurangnya perawatan bibir.

Untuk itu selain mempertimbangkan warna, sebaiknya Anda juga memperhatikan bahan-bahan yang digunakan pada produk lipstik Anda dan hindari lipstik yang bersifat kering di bibir.

4. Tidak Menggunakan Lip Balm
Lip balm adalah produk lip care yang memiliki kegunaan untuk mengkondisikan kelembaban bibir. Produk ini bisa membantu mengunci kelembaban bibir Anda sehingga menghindarkannya dari dehidrasi.

Meski hanya pelembab yang tidak memberikan warna namun keberadaan lip balm untuk bibir kering tidak dapat disepelekan begitu saja. 

Jika Anda ingin sedikit variasi agar bibir tidak pucat maka bisa menggunakan lip balm untuk bibir kering dan mengelupas yang memiliki warna natural. Rekomendasi produk lip care untuk bibir kering dari saya adalah; 

  • Lip Ice Sheer Color, 
  • Vaseline Lip Therapy untuk bibir kering, 
  • Tender Care Protecting Balm.

                Review Tender Care Oriflame Blackcurrant


5. Kebiasaan Menjilat Bibir
Saat bibir terasa kering biasanya orang akan menjilatnya. Mungkin Anda beranggapan bahwa air liur dapat membantu menghidrasi permukaan bibir. Padahal faktanya, kebiasaan ini bisa berakibat buruk pada Anda.

Mengapa tidak boleh menjilat bibir? Alih-alih bisa meningkatkan kelembaban bibir, air liur yang mengering di permukaan bibir justru akan membuatnya jadi semakin kering. Maka hindarilah kebiasaan ini mulai sekarang.

6. Bernafas Lewat Mulut
Normalnya, manusia akan bernafas lewat hidungnya. Namun pada kondisi tertentu seperti saat terserang flu Anda terpaksa bernafas lewat mulut. Selain membuat tenggorokan kering, ini juga akan membuat bibir dehidrasi parah. 

7. Mengelupas Kulit Bibir yang Kering
Tangan Anda mungkin sangat ingin mengelupas kulit bibir yang telah mengering karena merasa risih. Tapi sebaiknya jangan teruskan kebiasaan ini karena bisa membuat bibir terluka. Akibatnya, pemulihan menjadi lebih lama.

Itulah 7 penyebab bibir kering dan hitam yang paling sering terjadi. Kebiasaan buruk yang sudah mendarah daging seperti menjilati bibir harus segera dihentikan jika ingin terhindar dari masalah bibir kering.

Selain itu, ada pula tips praktis yang bisa Anda coba di rumah untuk mengusir cantik keluhan bibir kering parah dan mengelupas tersebut dari hidup Anda. Cara ini bukan hanya teori semata karena sudah saya praktekkan pada diri sendiri. Langsung saja ya, ini dia:


Cara Mengatasi Bibir Kering dan Mengelupas ala Diens


1. Cukupi Kebutuhan Cairan

Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan air putih berkualitas. Kebutuhan tiap individu bisa berbeda tergantung pada aktivitas masing-masing. Intinya segeralah minum jika Anda merasa haus.

2. Gunakan Lip Balm

Pelembab bibir sangat vital pada kondisi ini. Mengaplikasikan lipstik pada bibir kering dan pecah hanya akan membuat penampilan Anda tampak berantakan.

Nah, aplikasi lip balm bisa membantu memperbaiki kondisi bibir Anda. Saat bibir tak lagi kering, lipstik pun bisa menempel cantik.

Menurut Barbara R. Reed, seorang profesor dermatologi dari University of Colorado Health Sciences Center di Denver merekomendasikan pelembab berbasis emolien untuk bibir. Pelembab ini akan memberikan efek soothing serta tidak menyebabkan iritasi.


"Saya tidak merekomendasikan produk dengan kandungan menthol atau phenol karena efek iritannya", ungkapnya.


3. Jauhi Lipstik
Selama Anda sedang menderita masalah bibir kering sebaiknya jangan gunakan lipstik terlebih dahulu. Bagaimanapun juga di dalam lipstik kebanyakan mengandung bahan kimia yang membuat bibir kering.

Saat masalah bibir kering Anda teratasi barulah Anda bisa kembali memulas bibir menggunakan lipstik. Lagipula memulas bibir yang kering dengan lipstik tak akan membuahkan hasil akhir yang baik.

4. Gunakan Sunscreen
Saat merencanakan sebuah liburan ke tempat panas seperti pantai, jangan lupa untuk memakai tabir surya. Ini bisa mencegah bibir Anda terbakar dan mengelupas karena paparan sinar UV.

Untuk bibir, gunakan sunscreen yang diformulasikan khusus untuk melindungi bibir. Biasanya bentuknya berupa lip balm dengan kandungan SPF. Produk semacam ini akan membantu melindungi bibir Anda dari bahaya sinar UV.

Baca juga: Tabir Surya untuk Kesehatan Kulit Anda

5. Jangan Jilat Bibir
Kebiasaan ini adalah yang paling sering dilakukan saat bibir terasa kering. Mulai sekarang hentikan kebiasaan buruk ini agar bibir Anda semakin sehat.

6. Ganti Pasta Gigi Anda
Pasta gigi adalah biang kerok yang membuat kecantikan bibir berantakan. Hindari penggunaan pasta gigi yang mengandung perasa dan pewarna karena bisa menimbulkan reaksi alergi. Sebaliknya pilihlah pasta gigi herbal yang dikenal lebih aman dan ramah pada kulit bibir.

Baca juga: Pasta Gigi Herbal Alami

7. Hindari Makanan dan Minuman Bersifat Asam
Saat bibir kering sebaiknya jauhi minuman dengan pH asam seperti jus lemon. Air putih berkualitas merupakan pilihan yang lebih baik untuk kondisi seperti ini.

Baca juga: Keajaiban Air Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tips di atas bisa digunakan untuk masalah bibir kering karena faktor apa saja termasuk bibir kering karena pasta gigi. Tindakan tepat harus dilakukan untuk menghentikan bibir mengelupas terus menerus. Jika dibiarkan, hal paling ringan yang akan terjadi adalah warna bibir yang menghitam.


Lipstik Untuk Bibir Kering

Sering mengalami bibir kering bukan berarti harus menjauhi lipstik. Cukup jauhi lipstik selama bibir Anda bermasalah. Saat bibir telah kembali sehat, lipstik pun bisa kembali menjadi barang yang bisa Anda gunakan.

Saat memilih lipstik untuk bibir kering dan mengelupas, perhatikan beberapa panduan ini. Pilih pemulas bibir yang diperkaya dengan kandungan vitamin E, beeswax, Macadamia Oil, atau Shea butter. Lipstik tersebut lebih aman dan ramah terhadap Anda yang sering mengalami masalah bibir kering.


Takeaway

Jika kondisi Anda tidak kunjung membaik setelah mencoba semua tips di atas, jangan tunda lagi untuk menemui dokter atau dermatologis terdekat guna mendapatkan perawatan lebih intensif.

Sekian dulu coretan untuk hari ini. Semoga tulisan ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya, insyaa Allah. Jika Anda mempunyai pertanyaan, kritik, atau saran terkait tulisan ini, silakan tinggalkan pesan di kolom komentar. Komen yuk?! ^_^


(diens)