Penting mana, kulit bagus atau make up bagus? Saya, sih, pilih perawatan kulit dulu, karena percuma make up bagus kalau kulit wajahnya tak terawat. Hasilnya tidak flawless. Begitu pun dengan area vital wanita. Percuma penampilan luarnya bagus, kalau area intimnya tidak sehat atau berpenyakit. Bikin drop! Makanya, area sensitif dan vital wajib dirawat. Dibersihkan dengan sabun? No. Air? Kurang. Ada solusi yang baru saya coba, Betadine Feminine Wash. Aman dan praktis banget! Ikuti review-nya di artikel ini.

Area kewanitaan itu penting banget karena bagian paling sensitif, intim, dan vital. Oleh karena itu area kewanitaan perlu dapat perhatian lebih, bahkan utama. Perawatan area intim bisa menjauhkan kita dari penyakit atau masalah kewanitaan, loh.

Sering dengar bahwa penggunaan pembersih kewanitaan setiap hari dapat menggangu bakteri baik, apalagi sabun. Alasannya karena menggunakan sabun biasa (pH 9-10) dapat mengganggu pH natural (pH 3,5-4,5) pada area kewanitaan. Sementara itu bila hanya menggunakan air, walaupun aman, ternyata tidak memadai kebutuhan area kewanitaan.

Nah, berbeda dengan BETADINE Feminine Wash (BFW) yang bukan hanya memperhatikan pH balance, tapi juga mengandung prebiotic yang mendukung pertumbuhan bakteri baik. Jadi aman digunakan untuk daily use! Itulah perbedaannya dengan pembersih kewanitaan lainnya.

Nama BETADINE mungkin sudah Tak asing di telinga. Ya, brand yang mengeluarkan BETADINE Feminine Hygiene (BFH) ini sudah lama dikenal sebagai brand produk medis dan spesialis luka. Sampai 2017 lalu, BETADINE hanya memiliki satu solusi feminine, yaitu BFH. BFH ini mengandung image antiseptik kuat dan dipercaya untuk digunakan saat keadaan tertentu, atau pada saat red days (menstruasi).
Belum lama ini, BETADINE Feminine Care meluncurkan produk terbarunya, yaitu BETADINE Feminine Wash tadi.

Betadine Feminine Wash

Betadine Feminine Wash (BFW) ini adalah pembersih kewanitaan non antiseptik untuk penggunaan sehari-hari pada area kewanitaan. Terbuat dari bahan-bahan alami mengandung prebiotic untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik dan formula alami Tri-care yang diperkaya dengan bunga Immortelle, yaitu bunga abadi dari Perancis yang merupakan antioksidan alami.

BFW ini memang didesain secara eksklusif untuk perawatan kewanitaan.
Prebiotiknya membantu pertumbuhan bakteri baik/normal flora, sehingga dapat memberikan perlindungan alami pada area kewanitaan. Dengan menjaga kesehatan normal flora, membuat area kewanitaan dapat memproteksi dirinya sendiri.

Kelebihannya lagi, Betadine tidak mengandung SLS (Sodium Laureth Sulfate) yang dapat membuat kering dan juga tidak mengandung Paraben, sehingga aman digunakan saat hamil dan menyusui.

Betadine Feminine Wash berbeda dengan Betadine Feminine Hygiene.
Betadine Feminine Wash/wipes ini mengandung bahan-bahan natural dan bukan untuk pengobatan, tapi untuk perawatan area kewanitaan sehari-hari, sementara BFH yang mengandung antiseptik, digunakan saat menstruasi, keputihan, gatal, dan iritasi.

Betadine Feminine Wash terdiri dari 3 bentuk: Foam, Liquid, dan Wipes. Saya punya punya ketiganya. Saya beli produk ini di Guardian Depok.

Harga:
BFW Foam 100ml @ Rp51.500. Tetapi dapat diskon 10%.
BFW Liquid 50ml @ Rp25.000,
BFW Wipes @ IDR12.500
Masing-masing belum termasuk diskon 20%.

Betadine Feminine Wash (foam) memiliki 4 varian:
• Gentle Protection Immortelle (Ungu) – pembersih kewanitaan sehari-hari dari bahan alami Immortelle untuk menjaga kesehatan alami kewanitaan. (Merupakan versi original Betadine Feminine Wash)
• Fresh & Active Lemon Verbena (Hijau) – mengandung Lemon Verbena yang memberikan sensasi kesegaran di area kewanitaan, cocok untuk wanita aktif, berkeringat karena aktivitas outdoor atau berolahraga.
• Odour Control Witch Hazel (Biru) – mengandung Witch Hazel yang bantu mengatasi bau tak sedap di area kewanitaan, cocok untuk wanita yang sibuk seharian ataupun berada di udara lembab.
• Moisturizing Calendula Oil (Pink) – mengandung Calendula yang mengandung kelembapan yang pas di area kewanitaan, cocok untuk wanita yang mengalami kering pada area kewanitaan, seperti wanita yang baru melahirkan atau sudah menopause.

Varian yang sama dengan kemasan liquid.

Saya beli  2 BFW Foam, warna biru dan pink. Biru untuk saya yang kesehariannya sibuk dari meeting ke meeting dalam ruangan ber-AC, sementara yang pink cocok untuk mama.😊
Untuk kemasan liquid, saya beli warna ungu.

Baru kali ini menemukan pembersih area kewanitaan yang berbentuk foam. Tetapi Kemasannya semacam ini lebih higienis, tidak mudah bocor dibanding liquid. Kelebihan kemasan liquid adalah lebih mungil, jadi lebih travel friendly.

Kemasan foam dilengkapi dengan tutup transparan untuk melindungi lubang tempat mengeluarkan foam-nya.

Sekali tekan saja, foam yang dihasilkan sudah cukup untuk sekali pemakaian, jadi jangan banyak-banyak tekan. Secukupnya saja.

Cara penggunaan:
Keluarkan foam di telapak tangan, lalu dibasuhkan ke area kewanitaan secara perlahan dari depan ke belakang, bukan sebaliknya! Begitu pula jika mengulangi, tetap dengan gerakan dari depan ke belakang. Kemudian bisa langsung dibilas.
Suka wanginya, aroma bunga, dan tidak berlebihan.

Foam ini tidak membuat area kewanitaan jadi kesat, jadi tidak kering hasilnya. Namun produk dengan pH yang seimbang memang tidak membuat kesat. Terlalu kesat dan terlalu basah justru bisa mempemudah bakteri berkembang.

Sedangkan untuk kemasan wipes berbentuk seperti tissue basah. Kemasannya juga travel friendly. BFW Wipes mengandung prebiotic yang praktis dan 100% Biodegradable, sehingga dapat langsung di-flush. Praktis, kan?

Setiap kemasan wipes berisi 10 sheets. Bahan tissue-nya cukup tebal dan halus, jadi jangan khawatir bikin kulit iritasi. Kemasan wipes in paling enak dibawa bepergian, tepatnya praktis saat buang air kecil di toilet umum.

Menurut saya, sih, Betadine Feminine Wash untuk daily use ini adalah trend kesehatan yang menarik dan bagus banget untuk diikuti, girls! Daripada kena penyakit di area paling sensitif dan vital yang bikin fatal, kan lebih baik mencegah pakai yang praktis dan efektif. So, nggak ada lagi alasan malas merawat area intim, girls, sebelum terlambat! 😉

Untuk info lebih lengkap tentang produknya, bisa ikuti akun social media resminya di:
Website : tanyawanita.id
IG : @tanyawanitaid
FB : Tanyawanitaid

Selamat mencoba😉