It’s been a long loong looong time since the last time I post an entry. So, hi! I’m baaack.
Menghadapi situasi-situasi melelahkan pasca lebaran, membuat saya membutuhkan asupan “kedamaian” dari alam. And since tempat tinggal saya berlokasi cukup dekat dengan salah satu objek wisata, terbersitlah ide untuk menghabiskan waktu disana. It’s Ragunan Zoo!





Terletak di bagian selatan dari ibukota, Ragunan ini memiliki luas 140 hektar. Seriously, ini luas banget! Ragunan memiliki 4 pintu utama yaitu pintu utara, selatan, barat dan timur. Ragunan sendiri denger-denger pernah cetak rekor sampe 190.000 pengunjung dalam sehari loh! Kebayang gak?


Balik lagi ke cerita liburan murah meriah saya, dan kenapa judul artikel ini “Obat Sehat Jasmani & Rohani”. Jadiiii, Ragunan ini buka mulai dari jam 6 pagi. Awalnya kaget dan gak percaya sepagi itu tempat wisata udah buka (Ngalah-ngalahin jam buka Indoapril, lol!). Jam segitu, dihari minggu (karena kebetulan saya kesana hari minggu) sudah diramaikan dengan orang-orang yang berolahraga santai didalam nya. Ada yang jogging sambal liat-liat hewan, ada juga yang masuk Children Zoo untuk melihat hewan-hewan jinak lebih dekat.



Masuk pintu utara, kalian langsung akan disambut oleh pelikan-pelikan anggun yang sedang bebas berenang dan bercengkrama.




Banyak pula hewan-hewan yang sudah terancam punah disini, padahal mereka friendly sekali dan amat sangat menggemaskan. Kenapa harus punah :(









PS: Ini bukan kandang ayam, ayam cuma properti aja. Gak deng, ayamnya makanan uler :(




Untuk melihat-lihat hewan lucu-lucu ini pun, kalian hanya akan mengeluarkan budget yang minim banget, untuk 1 orang dewasa, hanya dikenakan tarif masuk Rp 4000,-. Dengan membeli kartu Ragunan Zoo seharga Rp 30.000,- yang berisi saldo Rp 20.000,- atau kartu seharga Rp 60.000 untuk saldo Rp 50.000,- kamu udah bisa sepuasnya menikmati keindahan alam dan keanekaragaman hewan. Jadi ya, untuk kepuasan batin melihat yang ‘ijo-ijo’ ya Ragunan ini recommended banget untuk jadi tujuan wisata.


Nahhh belum berakhir disitu aja, saya juga menyempatkan untuk berkunjung ke Schmutzer. Schmutzer ini sendiri adalah kawasan khusus primate. Dari king-kong yang besar banget, sampe bayi-bayi siamang ada disini.



Yang paling mengesankan dari Schmutzer ini adalah, kebersihannya yang terjaga banget. Pengunjung dilarang membawa makanan dan minuman ke dalam pusat primate Schmutzer. Kalo haus gimana? Tenang aja, di dalam Schmutzer terdapat banyak keran air minum Niagara yang terjamin kebersihan airnya dan layak minum.







Plus, disini kalian juga bisa teredukasi tentang bagaimana primata-primata itu hidup, dan bagaimana kehidupan mereka terancam karena ulah manusia nakal. Bakal puas banget deh kalo kalian coba singgah juga ditempat ini. Ohiya ada biaya tambahan ya untuk Schmutzer, 1 orang dewasa akan dikenakan Rp 7500,-.

Setelah keluar dari pusat primate Schmutzer, saya melanjutkan perjalanan ke Children Zoo, dan bertemu si Llama cantik ini yang sedang bersedih :( Entah sedih atau kelilipan, yang jelas air mata nya keluar zzzz





Setelah puas melihat lebih dekat hewan-hewan jinak di Children Zoo, saya pun memutuskan untuk mengakhiri wisata yang melelahkan-yet fun ini.
Jadi untuk wisata kali ini, benar-benar gak menguras kantong dan juga terpuaskan secara jasmani dan rohani (Since saya kesini sambil lari dan jalan terus muterin 140 hektar yang ada di Ragunan).
Total biaya yang dikeluarkan adalah:

Ojek online------------------------------------------Rp 8000,-
Tiket masuk Ragunan per orang------------------Rp 4000,-
Tiket masuk Schmutzer----------------------------Rp 7500,-
Tiket masuk Children Zoo-------------------------Rp 2500,-
Ojek online pulang---------------------------------Rp10000,-

Total---------------------------------------------------Rp32000,-

Murah kan? Rp 32000,- gak sebanding sama ilmu dan pengalaman yang kalian dapatkan saat mengunjungi Ragunan hehe


Selamat mencoba wisata healthy & fun! Ciao