Tak terasa Ramadhan di 2017 ini memasuki hari ke 15. Gak munafik, setiap bulan puasa cobaan paling besar adalah rasa 'males'. Mau kesini, males takut haus. Mau kesana, duh macet ntar capek. Mau lakuin ini, duh ngantuk belum tidur dari sahur. Mau lakuin itu, aduh lemes banget. Gak deh, daripada nanti malah batal puasa.

Hayooo, siapa yang pernah mengalami? (SAYAAA!) *teriak paling kenceng*

Terus puasa bisa jadi alasan buat bermalas-malasan ya? Kalian rugi waktu selama sebulan dong kalo kayak gitu?
Well, kita bisa list mana aja kegiatan yang gak menguras banyak tenaga yang bisa kita lakukan selama berpuasa. Supaya puasa kita juga bisa lebih bermakna.

1. Tadarusan
Apasih capeknya baca? Cukup duduk manis, sambil senderan boleh, 30 menit sehari (berjam-jam lebih baik). Gampang kan?
Atau sekarang kita bisa baca Al-Quran beserta terjemahannya dari HP. Buka Instagram, Twitter, Facebook aja kuat berjam-jam pegang HP. Sama-sama baca, sama-sama pegang HP. Beda konten, beda juga pahalanya. Hehe


2. Baca Buku
Masih belum beranjak dari tema 'Iqra' atau 'Bacalah'. Tadarusan udah, sekarang tinggal baca buku! Hal paling gampang sih emang cuma baca ya. Makannya sayaaaang banget kalo kita gak pake ilmu paling dasar ini. Percaya deh dari setiap buku, pasti akan selalu ada hal baru yang bisa didapat. Misal, buku-buku resep makanan *eh* bikin jadi makin semangat buat nunggu buka puasa. Syukur-syukur langsung bisa dipraktekin buat hidangan berbuka hehehe.


3. Service Gadget
Siapa bilang benerin gadget rusak harus sama ahlinya? Ingatlah bahwa abang-abang counter, once an amateur. Di zaman se-apa-apa-ada-di-Google ini, semuanya bisa kamu lakukan lho. Tinggal Googling, masukin keyword yang mau kamu cari. 0,000001 detik klik search, VOILA! muncul semuanya.


4. Membuat Karya
Entah melukis, cover lagu, bikin musik, terserah. *Tapi aku gak punya bakat kak :(* Tenanggggggg, pernah denger "Hard work beats talent when talent fails to work hard"? Itu adalah benar adanya. Pernah bayangin gak sih segimana bangganya kalian waktu berhasil buat karya yang bener-bener hasil kalian? If you never try, then you'll never know. Who knows kalian sebenarnya punya bakat terpendam. Punya suara emas as bagus as mbak Celine Dion atau Raisa. Atau seberbakat mas Vincent van Gogh or minimal bapak guru lukis waktu SD lol


5. Beberes
Iya beberes apa aja. File-file di laptop yang masih gak urut, beberes barang-barang yang gak terpakai, ganti suasana kamar, banyak banget! Untuk beberes barang-barang bekas, bisa disortir yang masih layak pakai. Bisa disumbangkan, atau bikin garage sale. Nanti hasilnya disumbangkan juga. Lumayan, rumah jadi gak sumpek sama barang-barang gak terpakai, bisa sekalian amal juga. Ohiya, kalian juga bisa bersih-bersih lemari dari baju yang gak terpakai lagi. Barang-barang yang tidak lagi berharga bagi kalian, masih bisa jadi kebahagiaan untuk orang lain yang membutuhkan :)

Masih banyak sih hal-hal yang bisa dilakukan selama bulan Ramadhan. Seperti slogan pasangan saya, "be productive" supaya waktu kita tidak terbuang sia-sia dan puasa kita menjadi lebih berkah. Ingat, tidak semua tidur-nya orang berpuasa merupakan pahala *religious mode:on*

Semoga bermanfaat, ciao!