Ini bukan sponsored post, saudara-saudari. Mau sharing pengalaman saya menang kuis instagram dari Alfamart. Sekalian menjawab keraguan para netizen yang mengira kuis Alfamart itu cuma bohongan karena pengumuman kuisnya cuma sesekali, pengumuman pemenangnya juga nggak ada di Instagram. Nah lho, gimana tuh? dulu saya juga mengira begitu sampai mengalami sendiri beneran dapat iPhone 7 rose gold, uhuuy!!


Jadi saya pernah cerita di postingan sebelumnya ngidam banget kamera mirrorless dari tahun 2016 kan, eh uangnya selalu kepakai untuk kepentingan keluarga. Sudah dapat uangnya pun pakai drama kena tipu pula.


Karena pengen banget punya kamera mirrorless jadilah saya suka hunting kuis-kuis berhadiah di Instagram, terutama yang hadiahnya kamera mirrorless. Nah waktu itu Alfamart promo di official Linenya kalau ada lomba video makan coklat Cadbury. Jadi memang mereka bekerja sama dengan brand coklat tersebut.

Hadiahnya ada buanyaaaak. Paket liburan ke Lombok, kamera mirrorless fuji, Iphone 7, jam tangan fossil, voucher belanja, dll. Tentu saja incaran saya adalah kamera mirrorles. Suami saya juga mendukung untuk ikutan kuis ini. Jadi diskusilah kami ide videonya mau ngapain.



Nah, mas Agus kasih ide yang awalnya saya malu ngelakuinnya tapi kalau ingat hadiahnya ya udah deh dieksekusi. Proses syutingnya sekitar dua jam karena kami grogi jadi sering ketawa pas dialog.

Selesai syuting langsung edit, saya yang ngeditnya pakai aplikasi jadul yaitu windows movie maker (cuma ini sih bisanya). Ngeditnya kurang lebih empat jam. Lumayanlah hari minggu kami agak produktif dipakai bikin video. 

Pas mau posting di Instagram awalnya maju mundur, gimana ya takut dikomentarin alay. Tapi pas ingat tujuannya untuk dapatin kamera ya udah saya posting juga akhirnya. Ini dia videonya :




Nggak lama posting beneran dong langsung di komen "jijay" sama kakak saya, hahaha. Terus dengan polosnya ada teman saya yang komentar "Cadbury itu pakai minyak babi lho, ada beritanya di Internet" Haa? saya bacanya langsung shock. Saya hapus komentarnya, terus saya beneran browsing. 

Ternyata isu coklat Cadbury mengandung babi sudah ada dari beberapa tahun lalu. Kemudian pihak Cadburynya klarifikasi bahwa yang mengandung minyak babi itu Cadbury yang diproduksi di Australia. Meskipun Lisensi Cadbury memang berasal dari Australia tapi khusus untuk Indonesia komposisinya tidak mengandung minyak babi dan sudah dibuktikan dengan adanya sertifikasi dan logo halal MUI. Saya check bungkusnya beneran ada logo halal kok. 

Fiuuuh, untung saya buruan hapus komentar teman saya. Namanya sebuah lomba yang diadakan suatu brand pasti pengen brandnya dikenal dengan citra yang baik, kan? kalau komentar teman saya dilihat juri bisa gawat, wkwkw. 

Setelah waktu kontes berakhir, saya rajin ngecheck ke akun Instagram Alfamart untuk lihat pengumuman kuisnya. Tiap hari, tiap minggu saya check tapi nggak pernah ada. Saya tanya di kolom komentar nggak dibalas adminnya. Sampai saya mikir "ya udahlah, nggak jelas juga kuisnya". Suami sampai nyuruh hapus videonya tapi nggak saya hapus karena anggap ajalah lucu-lucuan. 

Suatu hari saya lagi main handphone, ada notification komentar orang di Instagram saya tepatnya di postingan video yang saya lombakan itu. "Selamat ya kak, menang iPhone 7". Saya bengong gitu bacanya dan langsung balas "haa? emang sudah diumumkan ya? lihat dimana?". Saya check akun instagram Alfamart nggak ada pengumumannya. Saya browsing di google ternyata pengumumannya ada di websitenya Alfamart.



Astaga ternyata selama ini setiap Alfamart mengadakan program kuis/lomba/undian semua pengumumannya itu ada di website resminya. Waktunya pun nggak ditentukan bisa jadi sebulan sampai dua bulan dari kuis ditutup. Uniknya lagi nggak ada tuh pihak Alfamart menghubungi, setelah pengumuman dipasang, kita yang harus menghubungi pihak Alfamart di call centernya. 

Saya telpon call centernya untuk konfirmasi pemenang. Lalu mereka minta data-data saya, berupa nama lengkap,username instagram, no hp, nomor ktp, dan alamat lengkap. Sudah gitu doang. Nggak ada lho mereka konfirmasi bahwa saya adalah pemilik akun instagram @dudukpalingdepan dengan cara DM. Saya sempat heran, kalau nggak ada konfirmasi via DM gimana kalau ada orang yang ngaku-ngaku sebagai pemenang?

Oh ya mba-mba CSnya bilang kalau hadiah akan diterima sebulan setelah konfirmasi. Lama lagi sih saya nungguin ampe mikir "ini beneran bakalan dikirimin nggak sih hadiahnya?".

Suatu hari lagi nih, ada nomor baru whatsapp saya "Enny kapan mau diambil iPhonenya?" Lah saya bingung lagi, ini siapa tiba-tiba nawarin iPhone. Ternyata dia teman saya namanya Dani, sesama blogger juga. Si Dani ternyata kerja di bagian kantor Alfamart Jambi. Pas banget dia yang ngurusin pemberian hadiah, jadi dia menghubungi saya untuk mengambil hadiahnya di kantor Alfamart cabang kota Jambi. 

Waaaa akhirnya penantian tiba juga. Ternyata kuis Alfamart itu beneran ada, walau mekanisme pengumumannya agak aneh, hihi. Sayangnya waktu itu saya nggak bisa datang langsung, jadi kakak ipar saya yang ambilkan hadiahnya pakai surat kuasa.



Senang banget rasanya, kayaknya ini hadiah terbesar deh sepanjang sejarah saya ikut perkuisan. Saya dari SMA udah jadi kuis hunter lho wkwkw *bangga*. Nah baru kali ini dapat yang nilainya sangat lumayan.

Baca : Hadiah Pertama Dari Lomba Blog

Balik lagi kepada keinginan saya punya kamera, walau nggak dapat dari Alfamartnya langsung tapi saya nggak kehabisan ide. Saya jual iPhonenya ke kakak kandung saya sendiri, uangnya jadi deh beli kamera mirrorless Sony a 5000 (kapan-kapan akan saya review disini ya).


Akhirnya setahun lebih saya kepengenan kamera mirrorless kesampaian juga. Saya dari dulu percaya kalau mau sesuatu saya harus usaha dan berdo'a. Saya yakin sih Allah bakal ngabulin doa meski nggak dalam waktu yang singkat. 

Nah untuk teman-teman yang selama ini juga bingung apakah kuis dari Alfamart itu beneran ada? jawabnya iya emang beneran. Kalau ikut kuis dari mereka, jangan lupa untuk rajin check websitenya. Karena beneran nggak ada pemberitahuan apa-apa dari merekanya. Kalau dalam waktu sebulan setelah pengumuman kita nggak konfirmasi maka hadiahnya akan hangus. Saya aja waktu itu tahu karena ada orang yang nggak dikenal komentar di akun saya. 

Jadi gimana para kuis hunter? ada yang pernah ikutan kuis Alfamart? atau mau berbagi suka dukanya dalam ikutan kuis? bagikan di kolom komentar, ya.